Tips untuk dapat lulus dari wawancara Pekerjaan

Bookmark and Share
Wawancara kerja

Setelah membaca artikel tentang cara menunjukan bahasa tubuh yang baik, sekarang waktu nya membahas bagaimana cara untuk dapat lulus dari wawancara pekerjaan. Wawancara pekerjaan seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para  pelamar pekerjaan. Karena Wawancara perkerjaan adalah tahap akhir dalam menentukan apakah sang pelamar kerja dapat di terima atau tidak. Seringkali banyak orang yang gagal dalam tahap ini karena tidak memperhatikan hal - hal kecil yang menentukan. Simak tips untuk dapat lulus dari wawancara pekerjaan berikut ini :

Tunjukkan sisi disiplin diri anda saat wawancara
Maksudnya anda harus datang tepat waktu, persiapkan segala sesuatunya dengan matang agar setidaknya anda telah hadir di lokasi minimal 30 menit sebelum wawancara berlangsung.
Hal ini untuk mempersiapkan diri lebih banyak dan beradaptasi terhadap lingkungan calon kantor anda itu

Percaya diri penting saat wawancara kerja

Jangan posisikan anda sebagai pihak yang lemah di proses wawancara itu, sebab perusahaan tentunya tak ingin merekrut pegawai yang tak percaya diri.
Kedepankan bahwa diri anda berharga untuk direkrut, hanya saja jangan sombong dan kelewat batas, sewajarnya saja.

Jangan Sombong!

Belum apa-apa saja anda telah sombong. Jangan tunjukkan sikap arogan dan sombong saat menjalani proses wawancara pekerjaan, usahakanlah seramah mungkin namun tetap tegas dan tegar akan apa yang jadi daya tawar anda.

Kenali dengan baik perusahaan itu

Jangan sampai anda saat ditanya mengenai perusahaan calon kantor anda, eh anda hanya menjawab dengan seadanya bahkan cenderung ngelantur. Perhatikan! melamar pekerjaan sama dengan melamar pasangan hidup, anda juga harus tau seluk beluknya dulu sebelum benar-benar melamarnya. Jangan pernah main-main dan asal dapat saja.
Kalau perlu anda analisis Strength. weakness, Opportunity, Threat (SWOT) perusahaan tersebut, tetapi ini hanyalah pilihan.

Tunjukkan sikap dan mental positif

Saat bertemu pewawancara usahakan tersenyum dan seramah mungkin. Jabatlah tangan dengan hangat dan tulus. Selain itu sesekali lakukan kontak mata saat ia berbicara dengan anda.
Perhatikan! jangan alihkan bola mata anda ke kanan, kiri, bawah, atas saat berbicara dengan lawan bicara anda, sebab itu bisa mempersepsikan anda tak menghargai pembicaraan itu.

Jangan sok tahu dan terlalu banyak bicara

Anda mungkin ini terlihat pintar dengan banyak bicara. Namun jangan sampai anda justru ngelantur, ngarang, dan sok tau akan jawaban dari pertanyaan yang dialamatkan kepada anda.
Jawablah pertanyaan dengan singkat,padat,jelas,tegas. Sebab hal itulah yang mencerminkan tingkat kecerdasan dan kepercaya-dirian anda.

Pintar-pintarlah dalam negosiasi gaji

Ini merupakan hal yang subtansial. Sebab anda bekerja dengan mengharapkan mendapat gaji, bukan? karena itu mintalah gaji yang sesuai dengan diri anda.
Riset terlebih dahulu anda cocoknya mendapat gaji berapa. Jangan terkesan jual mahal dan murahan saat negosiasi gaji. Karena itu, meskipun anda diterima, akan berimbas pada perkembangan karir anda di perusahaan itu kedepannya.

Setelah memperhatikan ke tujuh hal tersebut ada baik nya anda banyak berdoa sebelum melakukan wawancara pekerjaan. Sebab pertolongan Tuhan jauh lebih berkuasa daripada segala usaha yang anda lakukan. Selamat melakukan wawancara pekerjaan. Semoga Sukses 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan pertanyaan kritik dan saran anda pada kolom komentar dengan bahasa yang baku dan sopan