Tips Cara Mengatasi Rasa Cemas

Bookmark and Share
Orang cemas

Rasa cemas sering kali menjadi penghalang kita untuk membangun rasa percaya diri. Rasa cemas sering datang menghampiri justru di saat-saat menentukan dalam hidup kita,Contoh nya saat sedang menghadapi ujian,atau saat sedang interview kerja,saat sedang melaksanakan upacara pernikahan,ijab qobul,dll.

Rasa cemas itu adalah perilaku normal manusia,tetapi tak jarang rasa cemas menghancurkan moment-moment berharga hidup kita. Tetapi Sobat Catatan-Random tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini Catatan-Random akan membahas tentang 13 cara mengatasi rasa cemas.

 
Memikirkan hal konyol

Saat merasa cemas, coba pikirkan kembali hal-hal konyol yang pernah Anda lihat atau alami selama ini. Perhatian Anda akan teralih dan rasa cemas pun hilang.

Melebih-lebihkan rasa cemas

Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal, namun jika Anda melebih-lebihkan rasa cemas yang Anda alami dan menceritakannya dengan penuh emosi kepada seseorang, lama-kelamaan cerita tersebut justru akan menjadi lucu dan sama sekali bukan hal penting yang patut dicemaskan.

Mengalihkan pikiran

Anda cukup mengalihkan perhatian atau pikiran Anda terhadap hal-hal yang menyenangkan dan menjauhkan Anda dari rasa cemas berkepanjangan.

Menulis surat

Jika Anda gembira, tulislah sebuah surat pada diri sendiri yang menceritakan kesenangan Anda. Begitu pula ketika Anda cemas, lakukan hal yang sama kemudian bacalah surat kesenangan Anda yang pernah Anda buat. Secara ajaib, hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik.

Berkeringat

Segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas fisik dan menjaga Anda untuk tetap berkeringat juga ampuh mengatasi perasaan cemas yang Anda alami.

Menonton film

Cobalah untuk menonton film yang cukup berat dan butuh pemikiran ekstra ketika melihatnya. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan rasa cemas menjadi perasaan tertantang.

Makan

Beberapa jenis makanan juga bisa membantu Anda menghilangkan rasa cemas, seperti kacang-kacangan, susu dan yogurt, sayuran, dan buah berry.

Bernapas dalam-dalam

Ambil napas dalam-dalam ketika merasa cemas beberapa kali sampai Anda merasa cukup tenang.

Mencari penenang

Beberapa orang menjadikan benda-benda di sekitarnya sebagai penenang ketika mereka merasa cemas. Anda pun bisa melakukan hal ini, misalnya memberi sugesti pada diri bahwa ketika melihat awan maka Anda akan merasa tenang.

Mengulangi mantra

Ulangi perkataan 'aku baik-baik' saja beberapa kali untuk meyakinkan diri bahwa Anda memang sedang baik-baik saja dan tidak cemas sama sekali.

Tertawa

Cara ini adalah paling sederhana namun tidak mudah dilakukan ketika sedang cemas. Namun cobalah untuk menemukan hal yang lucu dan menertawakannya.

Mengabaikan waktu

Cemas biasanya disebabkan oleh kegiatan yang akan Anda lakukan di masa mendatang. Oleh sebab itu abaikan waktu tersebut dan jalani apa yang ada sekarang. Waktu tersebut akan segera berlalu dan Anda pasti bisa menjalaninya dengan baik tanpa rasa cemas.

Berdoa
dengan berdoa bisa mengantarkan kita kepada kondisi otak alpha teta yaitu kondisi otak yang tenang
Lakukan seluruh hal di atas jika Anda merasa cemas, sehingga kegiatan yang Anda lakukan pun tidak akan terganggu dengan perasaan tersebut.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan pertanyaan kritik dan saran anda pada kolom komentar dengan bahasa yang baku dan sopan