Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay / Autorun pada Windows

Share:
Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay / Autorun pada Windows
Source : google image


Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay / Autorun pada Windows - Sudah lama sekali ternyata saya tidak posting pada blog catatan-random ini. Hal ini terjadi karena kesibukan baru saya di real life yang cukup menyita waktu, tapi sudahlah sepertinya hal itu tidak perlu di bahas.

Postingan kali ini terinspirasi dari teman saya yang meminta saya untuk meng-install ulang laptop nya dikarenakan terserang virus yang menyebabkan kerja laptop menjadi lambat. Setelah saya cek ternyata teman saya tidak memasang anti-virus jenis apapun ke dalam laptop nya. Terang saja begitu mudah nya virus menerobos masuk dan merusak sistem yang ada pada laptop teman saya itu.

Setelah saya tanya alasan nya, ternyata teman saya bilang alasan dia tidak memasang anti virus karena menyebabkan kerja laptop menjadi berat dan memakan memori sehingga waktu booting windows menjadi lama. Cukup masuk akal mengingat laptop teman saya termasuk keluaran lama dengan memori yang sangat kecil.

Setelah saya install ulang, saya pun menyarankan teman saya untuk mematikan fitur autoplay / autorun pada laptop nya untuk mencegah virus kembali merusak sistem yang telah saya install ulang dilaptop teman saya tersebut. Ternyata teman saya belum mengerti Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay / Autorun pada Windows. Karena itu sekalian saja saya posting di sini caranya.


Sebenarnya Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay / Autorun pada Windows cukup mudah. Ikuti saja langkah di bawah ini.

  • Klik tombol Start – Pilih Run atau Tekan Tombol Window+R.
  • Ketik gpedit.msc lalu tekan enter.
  • Klik dan pilih pada User ConfigurationAdministrative Templates System.
  • Klik 2x pada Turn Off Autoplay di sebelah kanan.
  • Klik ubah Disable menjadi Enable.pilih juga apakah ini hanya berlaku untuk CD-ROM atau All Drive.saya sarankan pilih All Drive kemudian Klik Tombol OK.
  • Klik dan pilih pada Computer Configuration – Administrative Templates – System.lakukan sama seperti di atas
  • Klik OK 
  • Selesai.
Bagaimana? Mudah bukan? Setelah fitur autoplay di matikan, untuk mencegah penjangkitan virus pada sistem Windows kita. Sebaik nya jangan membuka program apapun yang tidak kita kenal. Dan jangan terlalu sering memakai Flashdisk / HDD external. Selamat mencoba

1 komentar:

Silahkan kirimkan pertanyaan kritik dan saran anda pada kolom komentar dengan bahasa yang baku dan sopan